Silabus

Sekilas tentang silabus

Istilah silabus dapat didefinisikan sebagai “Garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi pembelajaran” (Salim, 1987;98). Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikukulum yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai standar kompetensi dan kemampuan dasar.

Silabus merupakan rancangan pembelajaran yang berisi rencana bahan ajar mata pelajaran tertentu pada jenjang dan kelas tertentu, sebagai hasil dari seleksi, pengolompokan, pengurutan, dan penyajian materi kurikulum, yang dipertimbangkan berdasarkan ciri dan kebutuhan daerah setempat.

Manfaat Silabus
Dalam silabus hanya tercakup bidang studi atau mata pelajaran yang harus diajarkan selama waktu setahun atau satu semester. Pada umumnya unsur-unsur silabus menycakup :
1. Tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan.
2. Sasaran-sasaran mata pelajaran.
3. Keterampilan yang diperlukan agar dapat menguasai mata pelajaran tersebut dengan baik.
4. Urutan topik-topik yang diajarkan.
5. Aktivitas dan sumber-sumber belajar pendukung keberhasilan pengajaran.
6. Berbagai teknik evaluasi yang digunakan.
Adapun manfaat silabus merupakan sumber pokok penyusun rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu standar kompetensi maupun satu kompetensi dasar.
Silabus bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengolaan kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Selain itu, bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian, yang dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada standar kompetensi, kompetensi dasar, dan pembelajaran yuang terdapat dalam silabus.

Silabus dapat di dowload di Silabus kimia SMA versi 2016

 

Silabus Kimia Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013

1. Silabus_Kimia_Kelas_X_Kurikulum_2013

2. Silabus_Kimia_Kelas_XI_Kurikulum_2013

3. Silabus_Kimia_Kelas_XII_Kurikulum_2013