ChemDraw

Tutorial Menggambar Rumus Kimia dengan Menggunakan ChemDraw

LembayungSenja : 25 Desember 2016 4:01 am : ChemDraw

 

Menggambar Rumus Kimia dengan ChemDraw

 

ChemDraw merupakan salah satu program aplikasi dari Chem Office, untuk menggambar struktur 2D dalam bidang ilmu kimia, terutama kimia organik, biokimia, dan polimer. Software ini dapat membantu kita dalam menggambar struktur kimia dengan berbagai fasilitasnya. Sofware ini banyak memilki kelebihan untuk mempermudah kita menggambar rumus kimia. Untuk menggambar rumus molekul kimia Chem Office menyertakan Chem Draw dan Chem 3D.

Chemdraw merupakan software kimia dari produk CambridgeSoft.com. ChemDraw memiliki banyak fungsi, diantaranya membuat nama dan struktur senyawa, membuat struktur streokimia dengan benar dari nama kimia, menghitung rumus molekul dan berat molekul, dan mendapatkan nama IUPAC dengan akurat dari struktur. Perkiraan spektra NMR dari struktur suatu senyawa dengan atom langsung dengan korelasi spektral. Selain itu, ChemDraw dilengkapi dengan peringatan jika terjadi kesalahan dalam pembuatan struktur kimia. Peringatan tersebut biasanya berwarna merah dan mengelilingi bagian struktur yang salah.

Cara mengoperasikan program ini cukup mudah, semudah kita menggunakan program Word. Beberapa menu juga cukup familiar bagi kita. ChemDarw ini cukup mudah untuk digunakan, hanya dengan mengklik tool-tool yang ada di ChemDraw, tool tersebut akan bekerja. Tool-tool dalam ChemDraw mewakili berbagai macam bentuk ikatan yang dapat anda susun menjadi struktur kimia sehingga tidaklah sulit bagi anda untuk menggambarkan struktur yang kompleks sekalipun, bahkan juga dalam berbagai bentuk konformasi dan dalam bentuk proyeksi.

Struktur-struktur tertentu yang telah umum dapat digambar secara langsung dengan mengklik tool, seperti struktur cincin benzena, siklopentana, sikloheksana dan senyawa siklis yang lain. Tool dalam ChemDraw juga menyajikan gambar struktur untuk asam amino, DNA, dan RNA yang terdapat dalam template, anda tinggal klik, membawanya ke layar, drag, maka jadilah gambar struktur anda.

Di chemdraw kita bisa melakukan banyak hal, antara lain :

  1. Menggambar struktur kimia.
  2. Mengenal nama struktur kimia
  3. Mengetahui sifat fisik dan kimia dari suatu struktur kimia.
  4. Mengetahui puncak-puncak dari NMR proton dan karbon.

 

Cara Install ChemDraw

 

Setelah mendownload aplikasi ChemDraw, maka selanjutnya adalah proses installasi, untuk langkah menginstall aplikasi ini adalah sebagai berikut:

1. Ketika proses download telah selesai, cari file cdu1203.dmg (Mac) atau cdu1202.exe (Windows) dan dobel klik pada file untu mulai menginstall
2. Pada jendela CambridgeSoft Software Activation masukan informasi yang dibutuhkan dan klik Activate over Internet.
3. Informasi ini dapat ditemukan di halaman My Downloads yang anda buka sebelumnya.
4. Pada jendela wizard CambridgeSoft ChemDraw Ultra 12.0 klik Next >
5. Pada jendela persetujuan lisensi, pilih I accept the terms in this license agreement, dan klik Next >
6. Pada jendela Select Type, pilih Default setup dan klik Next >
7. Pada Jendela Select Features, klik Next >
8. Pada jendela Select Features, pilih MNova NMR Lite dan klik Next >
9. Pada jendela Ready to Install, klik Install
10. Pada jendela Installation Complete dan klik Finish

Aplikasi ChemDraw ini dapat kalian unduh di ChemDraw

 

Bagaimana cara menggambar dengan ChemDraw.

 

Langkah-langkah adalah sebagai berikut :

1. Buka aplikasi ChemDraw

c1

2. Tuliskan nama suatu senyawa pada lembar ChemDraw (Namun nama senyawa tersebut harus sesuai IUPAC). kemudian pilih structure pada bagian toolbar kemudian pilih name convert to structure.

d2

3. Maka kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian Anda ketikkan nama suatu senyawa kimia, ingat nama senyawanya harus sesuai dengan aturan IUPAC (berbahasa inggris), misalkan kita akan membuat struktur kimia dari senyawa Heptene. Kemdian OK.

d3

4. Maka gambar struktur kimia heptane yang kita tuliskan tadi akan tergambar pada lembar ChemDraw.

d4

5. Selain itu kita juga dapat melihat struktur 3D dari senyawa yang kita buat. Caranya yaitu dengan pilih menu edit pada bagian Toolbar kemudian pilih Get 3D Model.

d5

6. Maka tampilannya akan seperti ini.

d6

 

Hasil gambar dari struktur yang kalian buat di aplikasi ChemDraw ini dapat kalian copy paste kedalam MIcrosoft Word. Dengan cara klik kanan pada gambar, pilih copy kemudian paste pada lembar kerja Microsoft Word Anda.  

 

 

1 Comment »
« Page 1 »

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *