ChemSketch

Tutorial Menggunakan ChemSketch

LembayungSenja : 25 Desember 2016 4:14 am : ChemSketch

Mengenal ChemSketch

ChemSketch merupakan program gratis yang digunakan untuk menggambar struktur kimia suatu molekul atau senyawa. Tidak hanya dalam bentuk 2 dimensi, ChemSketch juga dapat mengubah struktur tersebut menjadi struktur 3 dimensi, sehingga molekul lebih terlihat seperti sebenarnya. Struktur molekul tersebut dapat pula disimpan dalam berbagai format seperti *.mol dan *.s3d. Beberapa format penyimpanan seperti *.s3d seringkala membuat file gambar tidak bisa dibuka (State University,2009).

ChemSketch memiliki dua mode operasi yaitu Structure dan Draw. Mode operasi Structure hanya dapat digunakan untuk menggambar rumus struktur dua dimensi dan tiga dimensi suatu molekul atau senyawa. Mode operasi Draw tidak hanya untuk menggambar rumus struktur molekul tetapi juga dapat ditambahkan beberapa teks pendek (biasanya untuk memberi nama suatu molekul), simbol, gambar dan lain sebagainya.

ACD/Chemsketch selain merupakan software untuk menggambar struktur kimia juga bisa digunakan untuk menentukan nama-nama kimia secara sistematis sesuai dengan aturan tata nama IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry) untuk molekul yang mengandung tidak lebih dari 50 atom, tidak lebih dari tiga cincin, dan atom dari kalangan H, C, N, P, O, S, F, Cl, Br, I, Li, Na, dan K. ChemSketch ini juga digunakan untuk membuat gambar struktur kimia termasuk organic, organologam, polimer , dan sebagainya, juga memiliki fitur menghitung sifat-sifat dari molekul seperti berat molekul, densitas, dan prediksi logP .

Bagi temen-temen yang ingin mendapatkan software ChemSketch temen-temen dapat mengunduh software ChemSket di link chemsk12.exe

Tutorial menggambar struktur kimia dengan menggunakan ChemSketch

Untuk mengetahui bagaimana tutorial menggambarkan struktur molekul dengan menggunakan applikasi ini. Berikut ini adalah video tutorialnya dapat kalian lihat dengan seksama.

Demikian Video tutorialnya, mohon beri komentar, kritik ataupun saran pada kolom komentar yaa. Terimaksih ^^

1 Comment »
« Page 1 »

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *